-->

Iklan

Fungsi Kartu Prakerja Jokowi: Apakah Bisa Diperpanjang?

Tuesday 22 December 2020, December 22, 2020 WIB Last Updated 2021-04-06T01:36:47Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini
                          Dokpri

Apakah fungsi dari kartu prakerja setelah insentif empat bulan berhasil dicairkan?

Program Jokowi yang legit ini memang sangat banyak membantu bagi penerima bantuan kartu prakerja. Entah itu tepat sasaran ataupun tidak, program ini nyata memberikan bantuan senilai 2.4 Juta. Setelah menunggu cair sekitar empat bulan. Ditambah lagi dengan adanya survey yang memberikan dana 150 ribu. Survey tersebut ada tiga tahap.
                            Dokpri

Sebenarnya mulai dari pendaftaran sampai mengimput data pribadi seperti KTP dan KK sangat mudah bagi para pendaftar yang suka melek internet. Dan hal ini akan membuat kesulitan yang besar bagi kaum yang buta internet. Alhasil, banyak pihak yang sangat diuntungkan oleh program kartu prakerja ini.

Nah, yang menjadi permasalahan urgen adalah; apakah fungsi kartu prakerja ini bisa berlanjut atau tidak, bagi para allumni kartu prakerja?

Sebenarnya hanya bentuk harapan kepada pemerintah yang baik hatinya, untuk memberikan arahan ataupun sebuah sinyal baru bagi penerima kartu prakerja agar supaya fungsi dari kartu prakerja ini berlanjut. Syukur bisa seumur hidup untuk memdongkrak perekonomian masyarakat Indonesia yang menerima bantuan tersebut. Misalkan ada program baru lanjutan dari prakerja yang telah mempunyai nomor kartu prakerja. Terserah pihak pemerintah saja tentang program yang berkaitan dengan hal tersebut.

Karena, menurut penulis pribadi, program ini sangat bagus untuk rakyat dan sayang jika harus selesai dengan cepat dan setelahnya tidak tahu lagi fungsi dari kartu tersebut. Kan mubazzir.

Untuk itu, saya harapkan pemerintah jeli dalam menentukan program jangka pendek dan panjang. Saya yakin bahwa pemerintah bisa memilih dan meneruskan mana program yang membantu rakyat dan yang tidak. Daripada uangnya dikorupsi melulu oleh pihak - pihak yang tidak bertanggung jawab? Iyakan, iyakan?

                           Dokpri

Saya yakin sekali, para allumni kartu prakerja sangat berharap fungsi dari kartu yang telah mereka terima bisa berlanjut jangka panjang. Seperti KTP misalnya. Saya yakin kemiskinan di Indonesia akan menyusut tajam. Asalkan koruptor tidak berulah di dalamnya. Sebenarnya sih tidak ada program yang sempurna. Akan banyak menuai pujian bahkan cacian oleh kalangan tertentu. Apalagi si dia yang tidak mendapatkan program bantuan ini. Hehe, bercanda kawan ...

Indonesia itu ibarat agama Islam. Yang merupakan ajaran yang mudah. 

"Yassiruu, walaa tuassiruu,!
(Permudah, jangan dipersulit)

Terkadang masih ada oknum yang berpikiran sempit, ingin memberikan bantuan tapi dipersulit. Iya khan, iya khan?

Ingin mensejahterakan tapi masih banyak mikir, takut ini lah, takut itu lah, padahal mereka yang kamu sejahterakan tidak akan membuatmu rugi. Kalau dari pemerintah, uangnya dari mana ? Punya siapa? Mikirnya jangan kelamaan, hehe...

Inti dari postingan artikel ini, semuga fungsi program kartu prakerja tidak mati. Setidaknya ada tindak lanjut untuk mencerahkan kehidupan bangsa di masa yang akan datang. Penulis bukan manusia sempurna, di atas gunung masih ada langit. Saya yakin banyak sekali kesalahan yang penulis buat. 

Setelah membaca postingan ini, semuga bisa memberikan manfaat dan keterbukaan dalam berpikir. Ihdinas syiratal mustaqim, 

Wassalaamualaikum, Wr. Wb.




Komentar

Tampilkan

Terkini

NamaLabel

+