-->

Iklan

Apa Yang Harus Dikerjakan Ketika Ide Menulis Sudah Buntu?

Friday 4 December 2020, December 04, 2020 WIB Last Updated 2021-04-06T01:33:44Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini
                    Pixabay.com

Menulis adalah salah satu hal yang menyenangkan bagi sebagian orang. Sebagiannya lagi mungkin terasa membosankan. Jika menulis hanya sekadar hobi, maka perasaan senang dalam menulis dapat dinikmati. Namun apabila orientasinya adalah uang atau yang lain, maka tunggulah tanggal mainnya.
artikelartikelterbaru.blogspot.com

Kebosanan akan menghantui kita untuk lebih produktif menulis lagi. Butuh tenaga ekstra untuk memunculkan ide brilian yang banyak disukai. Apalagi bagi pemula yang belum paham resep menulis setiap hari. Akan ada kendala yang kecil ataupun besar ketika kita memulai sesuatu.

Tentunya, dibutuhkan semangat lebih untuk bisa mengatasi rasa malas menulis atau otak yang sudah buntu dan hilangnya ide - ide. Banyak hal yang perlu disiapkan agar dapat melaluinya dengan mulus. Semua orang pasti ingin karyanya dibaca oleh semua kalangan. Perlu trik khusus agar konten kita terus melakukan update setiap hari.

Dengan menulis, jiwa kita akan ikut hidup di dalamnya. Karena seorang penulis akan tetap hidup meskipun telah terkubur berabad - abad. Contohnya Filsuf Islam Imam Al - Ghazali dengan karyanya Ihya' Ulumudddin (Kebangkitan Ilmu - Ilmu Agama). Karya beliau masih tetap ada sampai sekarang. Bayangkan dengan akses yang sempit pada zaman dahulu, bisa mendunia sampai sekarang. Saat ini media internet dan segala macamnya perlu kita manfaatkan dengan baik. Agar bisa memunculkan karya yang berkualitas tinggi.

Untuk itu, Penulis akan merekomendasikan alternatif untuk para Blogger, Penulis Novel, Puisi, Artikel dan lain - lain untuk menghilangkan kebosanan atau menghadapi situasi kebuntuan dalam menulis, silakan simak tips di bawah ini.

1. Tidur

Dengan tidur kita akan melepaskan segala penat akibat dari aktifitas yang berat atau melelahkan. Tidak jarang solusi tidur dapat menghilangkan rasa lelah yang mendera. Asalkan setelah tidur lanjut produktif menulis. Karena ide akan muncul ketika otak dalam keadaan santai setelah bangun tidur.

2. Jalan - Jalan Santai

Untuk menemukan ide yang kreatif kita bisa memanfaatkan jalan - jalan sebagai alternatif merangsang otak menemukan hal - hal baru di luar sana. Pemandangan yang indah akan membuat mata kita sejuk dan otak menjadi rilex. Jadi, kalau kita sudah mengalami kebuntuan dalam menulis, maka usahakan dibawa jalan - jalan santai walaupun sebentar.

3. Nonton TV

Nonton TV sambil rebahan memang cocok untuk menghilangkan rasa bosan setelah menulis. Jadi kalau ide menulis sudah hilang, maka stop kegiatan menulis untuk segera menonton TV sejenak. Siapa tahu, dengan menonton TV kita akan menemukan ide yang cemerlang di sana.

4. Mandi

Biasanya, para Blogger atau Penulis itu jarang mandi, bayangkan mereka setiap hari berada di depan layar laptop atau Smartphone hingga lupa untuk mandi. Setelah mandi tubuh kita akan menjadi fres atau glowing, baru tuh lanjutkan lagi untuk menulis. Karena ide akan segera muncul efek badan segar.

5. Mendengarkan Musik

Wah solusi yang kelima ini bakalan bikin nagih, setiap orang beda otak dan beda penanganan, jadi kalau ide mulai buyar, kita bisa mendengarkan musik untuk merefresh otak yang buntu. Siapa tahu setelah mendengarkan musik, otak kita menjadi penuh dengan ide menulis, sehingga muncul rasa semangat dalam diri.

6. Makan

Kalau makan memang kebutuhan sih, tapi hal ini juga bisa menambah pikiran agar konsentrasi maksimal. Bayangkan jika kita menulis dengan kondisi lapar, gak banget yah!. Intinya jangan lupa makan meskipun sudah punya ide yang brilian. Karena tubuh kita akan lebih kuat untuk menulis lagi ketika sudah merasa kenyang.

7. Berdiam Diri

Nah kalau kita sudah tidak punya ide menulis. Stop segala aktifitas yang ada. Jangan memaksakan diri untuk menulis sebuah karya. Sebab itu akan menjadi sia - sia. Karya yang kita buat dengan terpaksa, maka hasilnya akan menjadi jelek. Cobalah untuk bersantai dulu dari mengerjakan aktifitas apapun. Hal ini bisa dilakukan dimana saja.

8. Berenang

Jika kita sudah tidak ada ide lagi untuk menulis, berenang adalah jawaban darinya. Jika kita mempunyai kolam di rumah, sebaiknya memanfaatkan itu dengan semaksimal mungkin. Jika tidak punya kolam, berenang di sungai atau di laut bisa menjadi alternatif pilihan.

Mungkin itu saja solusi yang dapat saya tulis ketika mengahdapi kebuntuan dalam menulis. Jangan lupa untuk update pola pikir kita untuk beradaptasi dengan dunia yang kita suka. Semuga bermanfaat dan ...
Wassalaamualaikum Wr. Wb.
Komentar

Tampilkan

Terkini