-->

Iklan

Selamat Tahun Baru Islam 1 Muharram 1442 H

Thursday 20 August 2020, August 20, 2020 WIB Last Updated 2021-04-06T01:26:41Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini

                        Pixabay.com

Oleh : Fauzi Akhmad


Tahun baru Islam sangat ditunggu - tunggu oleh umat Islam di seluruh dunia. Hal ini patut dirayakan oleh umat Islam dengan cara berpuasa sunnah dan selalu memperbaiki perilaku kita dari tahun sebelumnya. Momentum ini dirasa sangat perlu dijadikan moment yang bersejarah bagi kehidupan kita terutama untuk umat Islam pada umumnya. Nah bagaimana cara untuk merayakan tahun baru islam pada saat ini ?

Berikut saya akan ulas beberapa hal yang perlu dilakukan untuk menyambut tahun baru Islam 1442 H.

1. Berpikir Positif

Jadi para pembaca yang budiman untuk menghadapi tahun baru islam ini, berpikir positif adalah cara yang paling ampuh untuk menjalani tahun ini dengan penuh senyuman dan daya semangat yang tinggi. Suapaya bisa mengerjakan planning tahun sebelumnya menjadi sebuah kesempurnaan. Berpikir positif adalah jalan yang utama untuk menuju kesuksesan pada tahun - tahun berikutnya agar tidak mudah frustasi dan selalu muncul harapan - harapan baru.

2. Melakukan yang Terbaik

Kita tidak perlu menyesalkan apa yang terjadi di tahun sebelumnya. Anggap saja masalalu sebagai kenangan yang indah dan pelajaran yang terbaik untuk melakukan yang terbaik di masa depan. Untuk itu, perlu rencana - rencana baru dan langkah - langkah baru untuk menghadapi tahun ini dengan penuh cemerlang. Tentunya, adanya masalah yang terjadi di masalalu untuk membentuk pribadi kita lebih dewasa lagi dalam menghadapi problematika kehidupan yang sekarang. Agar tidak gegabah mengambil langkah - langkah pasti untuk bisa mendapatkan kehidupan yang terjamin dan diinginkan. Hidup hanya satu kali, maka dari itu sangat perlu untuk melakukan hal yang terbaik selama masih ada kesempatan - kesempatan itu.

artikelartikelterbaru.blogspot.com

3. Merubah Pola pikir yang Perlu

Pola pikir sejatinya tidak perlu dirubah jikalau selalu jitu dalam memprediksikan kebaikan - kebaikan hidup yang sedang dijalani. Tentunya untuk bisa mengevaluasi diri dan menuju perbaikan - perbaikan selanjutnya. Untuk lebih memprioritaskan hidup yang lebih bermanfaat ke depan seharusnya diterapkan pola pikir yang disiplin dan menghargai waktu agar tidak terbuang sia - sia. Selanjutnya terus mengasah pola pikir agar tidak terjerumus pada sesuatu yang buruk dan menimbulkan mudarat bagi kehidupan kita dan orang lain pada umumnya.

Tahun baru Islam inilah saatnya untuk bisa berubah ke arah yang lebih positif dan meninggalkan hal - hal yang negatif sehingga perubahan pola pikir yang sudah kita jalankan menjadi sebuah motivasi yang relevan bagi yang lain untuk memulai hidup yang terus bekembang secara konsisten dalam kehidupan.

4. Berdoa dan Berikhtiar 

Sebagai senjata orang mukmin doa mempunyai peranan penting untuk selanjutnya menjalankan aktifitas yang yang perlu penyesuaian diri dengan lingkungan yang baru di tahun baru Islam ini. Karena dengan doalah semua harapan yang dibungkus tidak mudah mendatangkan keputusasaan dan selalu bersikap optimis dalam menjalani kehidupan yang tidak kita ketahui di masa yang akan datang. Dengan doa semua impian kita akan terasa mudah untuk diwujudkan tersebab ada dorongan khusus dalam diri untuk lebih baik ke depan dan terus bisa berkontribusi dengan baik.

Tentunya, doapun harus disertai dengan usaha yang mapan agar doa kita sekaligus cita - cita akan mudah diwujudkan dengan usaha yang gigih dan tidak mudah untuk menyerah dan selalu semangat dalam menjalani kehidupan yang serba cepat di era digital saat ini. Selalu bisa memperbaharui ide - ide yang muncul untuk mengadaptasikannya dengan lingkungan agar selalu selaras dan sesuai dengan kenyataan pada saat ini dan seterusnya.

5. Selalu Update

Nah, yang paling penting di tahun baru Islam ini kita harus selalu update segala hal yang sudah tidak mungkin kita lakukan di masa depan. Informasi - informasi baru sangat penting kita serap untuk menemukan warna kehidupan yang berbeda - beda dan bisa beradaptasi dengannya dan tidak menemukan kesulitan yang berarti di dalamnya. Bukan hanya update masalah informasi, akan tetapi kita harus mengupdate tindakan atau perilaku kita yang monoton dan tidak adanya upaya pembaharuan sedikitpun untuk membentuk masa yang lebih cerah dan berkembang. Butuh niat yang kuat untuk mewujudkan segalanya demi menjalani kehidupan yang produktif dan bermanfaat. 

Nah itulah ke - 5 ulasan yang perlu kita aplikasikan untuk menghadapi tahun baru islam ini dan menjalaninya dengan penuh antusiasme yang tinggi dan tidak mudah patah semangat meskipun banyak rintangan yang menghadang di depan, karena hidup tak selamanya indah dan tidak selamanya buruk dengan itu kita harus mendatangkan keseimbangan secara kontinyu.

Cukup sekian dulu artikel ini dibuat, semuga mendatangkan banyak manfaat dan selalu menginspirasi para pembaca yang budiman.

artikelartikelterbaru.blogspot.com

Wassalamualaikum. Wr. Wb ...

Madura, 20 Agustus 2020

Komentar

Tampilkan

Terkini