-->

Iklan

Mirisnya Honor Guru Non PNS di Indonesia

Wednesday 3 March 2021, March 03, 2021 WIB Last Updated 2021-04-06T01:55:27Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini
Oleh : Fauzi Akhmad 
                     Desain Pribadi


Guru adalah komponen penting dalam sebuah pendidikan. Hadirnya akan membuat kondusip proses KBM. Tanpa guru, siswa di sekolah tidak akan maksimal dalam menerima pelajaran.
artikelartikelterbaru.blogspot.com

Mirisnya, sekarang ini guru yang non PNS dan tidak disertifikasi mendapatkan perlakuan yang tidak layak dan terus terbelakang dengan gaji yang tidak cukup memenuhi kehidupan sehari - hari.

Hal ini memperparah sistem pendidikan yang ada di Indonesia. Perlu adanya formula khusus dari Pemerintah untuk lebih meninjau keadaan guru dan memberikan fee yang sesuai dengan taraf kehidupan mereka. Bahkan ada guru honorer yang dibayar hanya 150 ribu rupiah dalam satu bulan. Hal ini menunjukkan bahwa tertindasnya seorang guru yang semakin tidak dihargai.

Saya harap ke depan Menteri Pendidikan Bpk. Nadim Makarim untuk lebih memperhatikan guru honorer baik Negeri ataupun Swasta. Karena mereka juga manusia yang ingin hidup layak dan setara dengan mendapatkan bayaran yang sesuai dengan pekerjaan mereka.

Untuk masa pandemi covid - 19 ini, jangan hanya memperhatikan rumah sakit dan tenaga kerjanya, agar anggaran merata dan dirasakan oleh setiap lini baik dalam cakupan pendidikan ataupun kesehatan. Sehingga ada keseimbangan dan tidak timbul ketimpangan dalam roda pemerintahan. 

Guru juga harus diperhatikan keberlangsungan hidupnya. Jangan hanya disuruh bekerja dan mengurus administrasi saja tanpa ada tindak lanjut setelahnya. Contohnya ada bantuan langsung tunai covid - 19 bagi guru non sertifikasi sampai saat ini belum juga cair, setelah kami para guru sudah menyelesaikan administrasinya. Hal ini terjadi di kota Pamekasan yang hanya menunggu kapan dicairkan. 

Padahal pengajuannya sudah beberapa bulan yang lalu, namun sampai sekarang belum ada pemberitahuan yang pasti mengenai informasi bantuan untuk guru tersebut.

Memang jumlah bantuan itu tidak seberapa menurut beberapa kalangan, akan tetapi bagi kami para guru non sertifikasi yang tidak punya pekerjaan lain selain mengajar itu sangat membutuhkan dana dari Pemerintah tersebut.

Untuk Pemerintah harus jeli dan sigap dalam menangani hal tersebut. Lambatnya bantuan itu segera diusut dan dicarikan solusi terbaikknya. Jangan hanya mau makan gaji buta dan menghambur - hamburkan anggaran yang tidak tepat sasaran.

Saya kira cukup dulu artikel ini saya buat. Semuga instansi terkait bisa memaklumi tulisan ini dan segera melakukan tindakan dan memberikan solusi terbaik. Walaupun sedikit semuga bermanfaat dan menginspirasi para guru non PNS dan Non Sertifikasi dimanapun anda berada. Kita satu jalur dalam memperjuangkan hak!


Demikian, Wassalamualaikum Wr.Wb.

Madura, 31/07/2020
Komentar

Tampilkan

Terkini